Sunday, July 24, 2011

My (unpublished) Website

Jika menyangkut komputer, saya bisa dibilang gaptek. Saya adalah pengguna selama itu berhubungan dengan aktivitas saya, misalnya office untuk keperluan kuliah, dan browsing untuk kebutuhan kuliah juga (google is my favourite^^). Intinya, ga macem-macem dan ga merasa perlu untuk mencoba hal baru. Bergabung di situs komunitas sosial pun karena saya ingin tetap berhubungan dan manjaga tali silaturahmi dengan teman-teman saya. Selama ini kalo ke gramed, saya selalu merasa risih berada di bagian komputer soalnya jarang banget atau malah ga ada sama sekali perempuan yang “nongkrong” di bagian itu. Saya ke bagian itu hanya karena membeli buku tentang MS Office dan mind-manager karena saya tertarik dengan mind mapping. Cuma itu saja. Melihat berbagai judul buku komputer pun saya dipusingkan dengan istilah-istilah pemrograman yang sama sekali tidak saya mengerti. Apa pula oracle, VB, PHP, MySQL, javascript, flash, dll… Ada perasaan tidak pede saat membaca (bahkan hanya sekilas) tentang buku-buku itu. Apalah saya berani baca buku yang sama sekali tidak saya aplikasikan dalam kehidupan saya? Itu pikir saya waktu itu. Bahkan untuk Photoshop pun saya ketakutan dengan berbagai tools yang tidak saya mengerti. Dan pikir saya, apa pula gunanya saya mempelajari suatu hal yang tidak menarik minat saya dan tidak saya aplikasikan?

Hingga suatu hari, saya tertarik mengikuti sebuah pelatihan IT di kampus karena kesibukan kuliah sudah tidak ada lagi dan hanya tinggal menunggu seminar dan sidang. Pada awalnya saya sempat bingung dengan dua pilihan program pelatihan, yaitu web designer dan web programmer. Saya berpikir, bukankah keduanya juga memiliki target membuat web? Apa susahnya sih? Silly… karena saran seorang kenalan yang menganjurkan memilih pelatihan web programming karena menurutnya lebih interaktif (saat itu saya belum mengerti apa maksudnya interaktif ^^), akhirnya saya mengambil program pelatihan itu. Ketika mendaftar, saya dibuat tidak pede lagi saat melihat daftar peserta pelatihan. Peserta wanita bisa diitung  dan didominasi oleh kaum lelaki (dari jurusan teknik pula!), dan tiba-tiba ada nama saya nyempil dengan jurusan ‘Biologi’. Yah, berbekal Bismillaahirrahmaanirrahiim…akhirnya saya datang pada hari pertama sambil berharap-harap cemas (serasa paling bodoh banget di kelas). Yup, modul dibagikan dan kepala saya langsung pening melihat banyak sekali istilah-istilah yang tidak saya mengerti dan script-script aneh… Bayangan saya tentang mendesain tampilan web langsung pudar.. Nah, saya baru mengerti kalau web designer itu cuma mendesain tampilan web tetapi tidak berkomunikasi dengan pengunjungnya. Contohnya, kamu login, sign in, buat profil, logout, bahkan buat blog ini juga, semuanya pake program. Tapi kamu ga bakal tertarik kalo web dan tampilannya ga menarik kan? Dan itulah tugas web designer. 

Yah, akhirnya, saya harus berkutat dengan script-script html, php, css, database mysql… Sejak saat itulah saya agak pede ke seksi computer dan pemrograman. Minimal saya ga blank dan tau apa yang mau saya cari. Tugas akhir membuat web pun harus dikerjakan sebagai syarat mendapat sertifikat (you’ve got to be kidding me…). Dan dimulailah kebingungan saya. Selama ini kan ga diajarin gimana cara mendesain web pake css! Gimana caranya? Oh, sebenarnya mudah. Mau yang instan? Kamu tinggal download free css style di internet trus ubah stylenya sendiri. Atau tinggal mencari mana web yang sesuai dengan web yang akan kamu buat di internet dan mengkopi filenya dan membuat modifikasi scriptnya…  Tapi saya ga bisa gitu… Saya berpikir paling tidak saya harus mencoba membuat web sendiri meski sederhana. Akhirnya saya ke mendatangi seksi terlarang gramed itu lagi dan mencari buku tentang web design (yang ada video tutorialnya tentunya!). Yup, dapet… DAN ternyata, saya harus berhadapan kembali dengan Photoshop. Hiks..hiks..ternyata design web dinamis itu ga cuma bisa dilakukan di dreamweaver, tapi bisa memanfaatkan ‘kecanggihan photoshop’ (bagi Anda yang membaca dan sudah pro, silakan tertawa jika mau T_T). 
Yup, akhirnya bekerja dengan layer, seleksi, slice, layer clipping mask (hehe..keren juga istilahnya), dll… dan hasilnya dipoles di dreamweaver, edit CSS, dan…voila..! jadi juga tampilan webnya (inget, baru tampilannya). Selanjutnya masukin deh program yang diinginkan pake PHP yang diintegrasikan dengan mysql. Akhirnya setelah begadang 2 hari (ngutak atik file, ngulang-ngulang video tutorial saking butuhnya waktu untuk mencerna hal-hal baru), tidur baru di pagi hari, dan diselingi mandi, makan (ini juga mesti disuruh), sholat…jadi juga tu tugas. Ternyata emang ga mudah merancang, mendesain, dan memberikan program pada website. Dibutuhkan latihan, pengalaman, kerja keras. Apalagi untuk orang awam seperti saya. Salut banget sama webmaster…Tapi mekanisme membuat web memang menarik. Setidaknya yang saya pahami dan baru saya aplikasikan adalah menentukan tujuan membuat web. Jenisnya apa? Blog, bisnis online, institusi? Lalu merancang web (gimana tampilannya, bikin sketsa dulu…), lalu buat file photosshop, edit-edit. Masukin di dreamweaver…dan untuk pemrogramannya tinggal pake PHP dan file eksekusinya. Nah ini jadinya web  yang dibuat dengan 'berdarah-darah' dan entah kapan bisa di-publish.. ga semua menu keliatan loh yaa.. hehehe...




Meski ilmu saya mungkin masih sedikiiiiiit sekali (kalo kata di prince of tennis mah, mada mada dane..), setidaknya (dalam kasus ini: web programming dan photoshop) saya merasa telah menghadapi salah satu tembok saya, yaitu ketakutan-ketakutan terhadap sesuatu yang terlihat sulit, menyeramkan (maap hiperbola, tapi awalnya saya memang takut melihat bahasa pemrograman^^), tidak saya sukai, merasa terintimidasi (terutama oleh kaum lelaki), takut melihat web saya kacau tampilannya dan ga jalan programnya…tapi ternyata setelah dijalani, ternyata tidak semenyeramkan dan sesulit yang saya kira. Dan memang tidak ada hal yang mustahil dan tidak ada kata terlambat jika kita mau belajar lebih dalam lagi dan memulai SEKARANG JUGA. Jadi, hadapilah tembokmu! 
 
Repost dari blog lama yg udah ga aktif, tertanggal 4 Mei 2009...
Ah... sekarang saya pun sudah lupa bagaimana caranya bagaimana bisa membuat website itu... T__T
fin


No comments:

Post a Comment