Tuesday, April 28, 2015

Tombol Turbo

Pernahkah kau merasa tak berdaya? Lemah? Tak semangat? Malas? Dan berbagai alasan yang membuatmu enggan melangkah?
Nah, ketika situasi itu tiba, maka gunakanlah 'tombol turbo'mu. Tiap orang mungkin memiliki tombol turbo yang berbeda. Dan semakin banyak tombol turbo, maka semakin besarlah daya dorong kita supaya melangkah ketika metabolisme jiwa terjadi.

Dan satu tombol turbo yang berkesan bagi saya adalah petunjuk Allah dalan Q.S. Al-Baqarah ayat 214 : "Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat."

Bagi saya ayat tersebut 'jleb' sekali karena membuat saya malu kepada Allah.. betapa ujian saya belum ada apa2nya dibandingkan Rasul dan para sahabat, yang notabene memiliki tingkat keimanan yg luar biasa namun sampai mempertanyakan datangnya pertolongan Allah... pasti sungguh luar biasa pula ujiannya. Dan Allah menjawab bahwa pertolongan Allah itu amat dekat. Ma syaa Allah.. da aku mah apa atuh.. sedikit sedikit mengeluh, putus asa, elehan.. padahal kalau ditanya, ya mau masuk surga.. ga sinkron kan? Yup, jadilah ayat itu salah satu tombol turbo saya sebagai pengingat bahwa ketika saya merasa lemah dan merasa berat dengan ujian2 yg Allah berikan, maka saat itulah Allah sedang membimbing saya, melatih kesabaran.. dan tetap ngereuyeuh, terus melangkah, baik dalam keadaan semangat maupun tidak semangat, tapi tetap berpetunjuk kepada yang haq.

Supaya makin ajeg dan ga elehan, maka butuh tombol turbo yang lain. Yg melesat dalam jiwa dan menimbulkan langkah gerak..

Q.S. Al-Kahfi ayat 28 :
"Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas."

ANOTHER MAKJLEB T____T

Need more? Banyak pisan ayat ayat cinta dari Allah

Q.S. Ali Imran ayat 133 :
"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa"

dan

Q.S. At Taubah ayat 41 :
"Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui."

Jadi berangkatlah baik suka maupun terpaksa juga petunjuk Allah..

Jadi, temukanlah tombol-tombol turbomu dan melangkahlah..

Mukmin itu..
dikasih ujian kesulitan : sabar
dikasih ujian kesenangan : syukur
bisa merasakan semangat beramal : timbul keikhlasan hanya mengharap ridha Allah
tergelincir dalam dosa : bertaubat

Apapun situasi yg dia hadapi selalu ada solusinya supaya tegak amalnya, senantiasa berpetunjuk pada yg haq supaya dapat dipertanggungjawabkan di yaumil akhir.

Bismillah - Bersegera - Berlindung - Bertawakkal.
____
Hasil sharing hari ini. Nuhun lur :)

No comments:

Post a Comment